FASILITAS



Dalam melaksanakan tugasnya sebagai lembaga pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Khususnya Program Studi Bimbingan dan Konseling melengkapi dirinya dengan berbagai sarana dan prasarana serta fasilitas pendukung yang dibutuhkan demi kelancaran tugas tersebut.

Ruang Kelas

Kelas-kelas yang dimiliki oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan memiliki bermacam-macam ruang perkuliahan mulai dari ruang kelas khusus mahasiswa yang terdiri atas 14 ruang kelas dengan kapasitas 30 kursi, terdapat 64 ruang berkapasitas 60 kursi, dan 1 ruang berkapasitas 90 kursi. Selain itu Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan juga memiliki ruang-ruang praktikum di laboratorium Bimbingan dan Konseling yang terdiri dari ruang pustaka terapi (81m2), ruang bimbingan kelompok (18 m2), ruang audio visual (27 m2), ruang bimbingan klasikal (36 m2), ruang konseling kelompok (18 m2), ruang konseling individu (9 m2), ruang konferensi kasus (11 m2), ruang diskusi mahasiswa lantai 1 (18 m2), ruang diskusi mahasiswa lantai 2 (12 m2), dan ruang ujian skripsi (12m2). Selanjutnya, ruang perkuliahan dan praktikum ini menjadi rangkaian kegiatan belajar mengajar dan akses penelitian. Selain itu ruang praktikum didukung oleh fasilitas dan peralatan untuk mempersiapkan praktikan/mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan mengajar di sekolah. Sejauh ini pemakaian ruang-ruang perkuliahan dan ruang praktikum yang memiliki kelengkapan fasilitas dan perangkat/peralatan yang sangat relevan dan memberikan kemudahan dalam proses belajar mengajar. Hasil akhir dari ruang kelas perkuliahan dan praktikum adalah untuk membekali kecakapan dan kemandirian mahasiswa dalam melakukan praktik mengajar dan penelitian selama menjadi calon guru Bimbingan dan konseling atau konselor sekolah. Pembelajaran di Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan selain tatap muka juga dipadukan dengan basis pembelajaran daring atau dalam jaringan E-Learning (Online) dengan alamar URL (www.elearning.uad.ac.id) didukung oleh kecepatan internet 44 kali lipat yang ditentukan oleh standar Dikti.

Ruang Seminar

Ruang seminar yang dimanfaatkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdapat di berbagai area kampus Universitas Ahmad Dahlan. Adapun ruang seminar yang dapat digunakan diantaranya seperti ruang Amphitarium yang terletak di lantai 9 dan 10 kampus utama Universitas Ahmad Dahlan yang dapat menampung 500 orang, ruang serbaguna lantai 4 kampus utama dapat menampung 750 orang, ruang serbaguna kampus utama lantai 10 bisa menampung 350 orang, Auditorium kampus 1 UAD seluas (540m2) dapat menampung 1000 orang, Auditorium kampus 2 UAD (324m2)  bisa menampung 500 orang, ruang serbaguna kampus 2B bisa menampung 300 orang, Auditorium kampus 3 UAD (252m2)  bisa menampung  500 orang, dan ruang seminar islamic center kampus utama UAD bisa menampung 500 orang. Esensinya ruang-ruang seminar yang tersedia dan banyak ini disatu sisi digunakan sebagai penunjang dalam meningkatkan proses aktivitas pembelajaran dalam skala besar didukung dengan berbagai fasilitas dan peralatan yang sangat memadai, dan sejauh ini keefektifan kegiatan belajar mengajar tetap terjaga walaupun dengan skala jumlah yang banyak.

Laboratorium Multimedia

Ruang komputer yang difungsikan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan memiliki beragam tempat seperti laboratorium komputer yang berlokasi di kampus utama (Kampus 4 UAD) Jalan Ringroad Selatan, Kranggilan, Tamanan, Bantul, Yogyakarta memiliki luas 170 m2 dengan dua ruang laboratorium komputer dengan masing-masing ruang memiliki 32 unit komputer. Selain itu, ruang komputer lainnya terdapat di laboraotium Bimbingan dan Konseling yang difungsikan sebagai ruang akses data dan jurnal online sejumlah  6  unit komputer,. Penggunaan Laboratorium ini memiliki jam operasional yang mulai buka setiap hari kerja pada hari senin sampai sabtu pukul 08.00-16.00 WIB. Setiap unit komputer yang digunakan oleh mahasiswa dilengkapi dengan aplikasi dan peralatan untuk mendukung tuntutan dalam proses pembelajaran dalam jaringan (daring/online) mulai dari perangkat hardware dengan webcam dan headphone disetiap unit komputer dan dukungan software dengan aplikasi mulai dari microsoft office, team viewer, skype, youtube, articulate storyline, videoscribe, app inventor, dan lain sebagainya yang berbasis google. Hal ini untuk mendukung perkuliahan Pengantar Sistem Informatika dan Teknologi Layanan Bimbingan dan Konseling agar mahasiswa dapat mengembangkan bermacam-macam perangkat pembelajaran (Media Bimbingan Konseling Berbasis Tekonologi). Selain itu, mahasiswa juga dapat mengakses dan mengunduh jurnal-jurnal nasional mulai dari yang terindeks laman Sinta dan jurnal skala internasional yang terindeks (DOAJ, Ebsco, Pro Quest) dan lain sebagainya secara gratis. Harapannya dengan tersedianya unit-unit komputer yang tersedia dapat menambah aktualisasi wawasan dan pengetahuan, serta teknologi mahasiswa dalam mendukung pelaksaan dan pembelajarannya selama menempuh perkuliahan.

Ruang Dosen

Ruang dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan bertempat dan berlokasi di lantai 8 gedung C kampus utama Universitas Ahmad Dahlan dengan luas total ruangan 32,56 m x 8,82 m dan masing-masing dosen memiliki luas ruangannya sebesar 2 m x 3 m. Adapun aksesibilitas ruang dosen Prodi Bimbingan dan Konseling gedung C ini digunakan sebagai wadah dosen dalam menunjang dan meningkatkan kinerjanya dalam mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi serta meningkatkan perannya agar dapat menjembatani interaksi dalam memberikan tutor atau pelayanan kepada setiap mahasiswa yang akan melakukan bimbingan. Selain itu ruang dosen esensinya digunakan untuk menyusun strategi dan materi pembelajaran di kelas serta persiapan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Terlihat sejauh ini penempatan ruang dosen dapat membangun dan mempermudah komunikasi serta memudahkan interaksi antara dosen dengan dosen bahkan dosen kepada mahasiswa baik dari hal aktivitas akademik hingga segi non akademik.

Perpustakaan

Laboratorium BK

HSE

psk3.uad.ac.id

Pusat Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PS-K3) UAD berdiri pada tanggal 30 Maret 2013 berdasarkan Surat Keputusan Rektor UAD Nomor 100/2013 PS-K3 UAD. Beroperasi dengan pembiayaan mandiri/swadana (tidak mengajukan anggaran ke universitas) dan berprinsip kewirausahaan.

PS-K3 didirikan berangkat dari pemikiran bahwa perkembangan industrialisasi yang cepat yang dapat menimbulkan risiko bagi terjadinya degradasi status pekerja dan berbagai masalah ketenagakerjaan. Perlunya pengembangan studi (riset) bidang ilmu Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di perguruan tinggi yang masih langka adanya juga menjadi latar belakang pusat studi ini didirikan.

Klinik

Akomodasi

  • Pesantren Mahasiswa Ahmad Dahlan (Asrama Persada).
  • Ruang Auditorium.
  • Ruang Himpunan Mahasiswa dan Unit Kegiatan Mahasiswa.
  • Lapangan Olahraga dan Ruang Kesenian.
  • Anjungan Komputer.
  • Ruang Konsultasi Psikologi/Konseling.
  • Kantin.
  • Area Hotspot.
  • Toilet.
  • Area Parkir.
  • Lembaga Pusat Studi Islam.
  • Tata Usaha.
  • Bank.
  • Koperasi.
  • Satpam.
  • Pojok Kependudukan.

Internet + Wifi

Universitas Ahmad Dahlan menyediakan sarana akses Internet melalui jalur LAN (anjungan komputer), Hotspot Area di masing-masing unit kampus, akun surel, blog dan website domain uad.ac.id dengan melakukan pendaftaran melalui Biro Sistem Informasi dan Komunikasi (BiSKOM) di Kampus 1 Gedung ITC Lantai 2

informasi selengkapnya kunjungi laman web biskom.uad.ac.id