Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Raih Juara 2 Baca Puisi Pada Peksimida Se-DIY

Wulan Mauludhinta Naillmunna, mahasiswa angkatan 2023 Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling (BK), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Ahmad Dahlan (UAD), berhasil meraih juara 2 dalam lomba Baca Puisi di Pekan Seni Mahasiswa Daerah (PEKSIMIDA) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 2024.

Wulan Mauludhinta Naillmunna atau kerap disapa Luna berhasil meraih juara dengan membawakan puisi puisi wajib “ELEGI” karya Toeti Heraty Nurhadi serta puisi pilihan. Luna berusaha menantang dirinya dalam menyampaikan kedua puisi yang energinya bertolak belakang.

Untuk mencapai prestasi ini, Luna melakukan persiapan yang cukup matang hingga berhasil melampaui para pesaingnya yang merupakan mahasiswa se-DIY yang mengikuti kompetisi tersebut. Lunna menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam kejuaraan bergengsi ini.

Saat ditemui, Luna menceritakan persiapannya sebelum bertanding “Yang perlu disiapkan utamanya kesehatan kemudian suara, artikulasi dan teknik dan hal lainnya dalam pembacaan puisi, namun tidak hanya penguasaan dalam membaca puisi saja, akan tetapi harus menguasai makna dari puisi tersebut” tuturnya.

Namun hambatan tetap dirasakan Luna seperti saat membedah puisi memerlukan energi, pikiran, dan waktu pembedahan puisi yang tidak sebentar ditengah kesibukannya menjalani kegiatan perkuliahan.

Prestasi ini juga membuktikan bahwa mahasiswa BK UAD tidak hanya unggul dalam bidang akademik, tetapi juga berprestasi diluar dari kejuruan yang diambil seperti yang disampaikan oleh Luna, ia selalu ingin tahu dalam dunia sastra walaupun tidak menempuh studi kejuruan sastra.

Luna tidak merasa cepat puas dalam memotivasi dirinya tetap terus berprestasi dan k menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya agar tetap terus menorehkan prestasi baik dalam hal akademik maupun non akademik. Kedepannya Luna berharap dapat mengikuti kegiatan PEKSIMINAS dengan meraih juara 1 serta dapat mengharumkan nama universitas terutama program studi BK.