Pengabdian Masyarakat

PELATIHAN POP BK BERSAMA MGBK KAB.SLEMAN

Prodi Studi Bimbingan dan Konseling ,Rabu (31/06/2019) mengadakan Pelatihan dengan Tema “Peningkatan Keterampilan Dalam Megambangkan AdministrasiSesuai Panduan Operasional Penyelanggara Bimbingan dan Konseling (POP BK) Bagi Guru Bimbingan dan Konseling Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kabupaten Sleman” berjalan dengan lancar. Yang menjadi Nara sumber dalam kegiatan ini yaitu Caraka Putra Bhakti, M.Pd., Dr. Sri Hartini, M.Pd. dan Dra. Dwi Putranti, M,Pd.

Di Awal acara Caraka Putra Bhakti, M.Pd.memberikan penguatan berupa motivasi kepada Guru Bimbingan dan Konseling, dilanjutkan materi mengenai Administrasi Sesuai Panduan Operasional Penyelenggaraan (POP BK).

 

DOSEN PRODI BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PERKUAT IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEDAMAIAN DI SMK MUHAMMADIYAH BERBAH SLEMAN

Senin, 8 Juli 2019 tim dosen program studi Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan melakukan workshop dan akan diteruskan dengan pendampingan terhadap SMK Muhammadiyah Berbah Sleman dalam mengimplementasikan pendidikan kedamaian. Workshop yang dimotori oleh Dr. Said Alhadi, M.Pd., Wahyu Nanda Eka Saputra, M.Pd., Kons., dan Mufied Fauziah, M.Pd ini memiliki tujuan untuk menjadikan SMK Muhammadiyah Berbah Sleman ini menjadi sekolah pengusung kedamaian di tingkat pendidikan formal di Indonesia, khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Aula SMK Muhammadiyah Berbah Sleman dijadikan tempat dilaksanakan kegiatan pembukaan kegiatan dan diteruskan dengan workshop dan pendampingan. Kegiatan workshop dibuka oleh Ahmad Maftuhin, S.H.I selaku Kepala SMK Muhammadiyah Berbah Sleman dan Dr. Said Alhadi, M.Pd selaku ketua tim dari program studi Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan. Peserta dalam kegiatan workshop ini diikuti oleh seluruh dewan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di SMK Muhammadiyah Berbah Sleman. Kegiatan workshop dilaksanakan selama 2 hari dan akan diteruskan dengan pendampingan secara intensif terhadap implementasi pendidikan kedamaian.

Pendidikan kedamian itu sendiri adalah sebuah upaya menciptakan perdamaian positif atau sering disebut perdamaian sejati, bukan hanya tidak ada kekerasan fisik, tetapi juga tidak adanya kesenjangan sosial, intimidasi, dan konflik sosial. Esensi dari pendidikan kedamaian adalah terciptanya pikiran damai dari peserta didik sehingga mereka mengurungkan keinginannya untuk melakukan tindakan kekerasan. Pada workshop yang dilakukan ini, tenaga pendidik dan kependidikan di SMK Muhammadiyah Berbah Sleman dilatih untuk dapat mengembangkan nilai-nilai kedamaian pada diri siswa, sehingga muncul sebuah budaya damai di sekolah. (sah)