PENGABDIAN MASYARAKAT



PENTINGNYA KETAHANAN KELUARGA TERHADAP PEMBENTUKAN PRIBADI INDIVIDU

(7/2/2020) Prodi BK FKIP UAD yang diwakili oleh Amien Wahyudi, M.Pd. menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang dilakukan di balai desa dusun cowelo kidul, desa candirejo kecamatan semanu kabupaten gunung kidul. Kegiatan ini  dilangsungkan berbarengan dengan kegiatan KKN Mahasiswa UAD di desa tersebut, yang diikuti oleh 30 ibu-ibu yang berasal dari dusun Gebang, Cuwelu Kidul dan Soka. Tingginya masalah yang terjadi di dalam keluarga menyebabkan rentannya keluarga terhadap masalah emosional. Melihat fenomena tersebut maka dosen prodi BK UAD mengadakan kegiatan penyuluhan yang mengangkat tema Ketahan Keluarga. Diharapkan dengan diangkat nya tema ini masyarakat, khususnya kaum ibu, mengetahui betapa pentingnya ketahanan keluarga terhadap pembentukan pribadi individu karena penelitian menunjukkan bahwa keluarga yang memiliki ketahan rendah rentan menjadikan individu mengalami gangguan emosi seperti cemas, rendah diri bahkan melakukan tindakan agresi.

BIMBINGAN DAN KONSELING KEDAMAIAN UNIVERSITAS HEIN NAMOTEMO

(Selasa, 24/09/2019) Dosen Bimbingan dan Konseling, Fakultas Kegeuruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan  menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat melalui kuliah umum di Universitas Hein Namotemo, Maluku Utara. Kegiatan ini bagian dari desiminasi dana penelitian dari Kemenristek Dikti. Pemateri kuliah umum adalah Agus Supriyanto, M.Pd. dan ditemani oleh Hardi Prasetiawan, M.Pd. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksankan pada hari Selasa, 24 September 2019 di Ruang Seminar Universitas Hein Namotemo. Peserta kuliah umum adalah seluruh Mahasiswa dan Dosen Bimbingan dan Konseling, Fakultas Imu Sosial dan Kependidikan, Universitas Hein Namotemo.

Tema kegiatan pengabdian adalah Bimbingan dan Konseling Kedamaian. Tema ini diangkat karena merebaknya perilaku agresi yang muncul di Indonesia pada Pemilihan Umum Presiden. Perilaku agresi yang muncul dengan berbagai bentuk yaitu verbal, fisik, marah, maupun benci. Model bimbingan dan konseling kedamaian diterapkan melalui mekanisme bimbingan kedamaian secara klasikal dan kelompok, serta konseling secara individual dan kelompok. Kuliah umum juga menerapkan kegiatan konseling kedamaian dan dievaluasi bersama mahasiswa dan dosen bmbingan dan konseling di Universitas Hein Namotemo.

MELATIH GURU UNTUK MAMPU MENYUSUN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN BIMBINGAN DAN KONSELING

(28/08/2019) Dosen Bimbingan dan Konseling, Fakultas Kegeuruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan  menyelenggarakan Program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) dengan tema Peningkatan Kemamuan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menyusun Proporal Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Peserta program adalah guru bimbingan dan konseling di Sekolah Menengah Muhammadiyah (SMP/ SMA/ SMK) di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jumlah peserta yang hadir adalah 28 peserta.

Program ini dirancang karena inisiasi karena problematika guru bahwa guru hanya mengejar laporan penelitian, tetapi belum tentu merancang atau merencanakan penelitian (proporsal) sejak awal masalah. Program ini diinisiasi oleh dosen bimbingan dan konseling. Pemateri dari program ini adalah Agus Supriyanto, M.Pd., Agungbudiprabowo, M.Pd., dan Drs. Purwadi, M.Si., Ph.D. Program ini juga dibantu oleh Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Ahmad Dahlah yaitu Dr. Sri Hartini, M.Pd.  Pelaksanaan program pada bulan Agustus 2019 selama 1 bulan.

Materi program ini meliputi pengetahun dan pemahaman tentang konsep dasar dari Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling atau disingkat PTBK. Kemudian dilanjutkan dengan materi Penngkatan Kemampuan Menyusun Pendahuluan dari identifikasi permasalahan, merumuskan masalah, tujuan penelitian, mengetahui variabel pneleitian, menyusun latar belakang masalah, dan manfaat penelitian. Tahap berikutnya guru belajar menyusun kajian teoritis dengan bantuan google scholar sebagai rujukan. Kemudian guru belajar menyusun metode penelitian dan instrument penelitian sebagai dasar pengembangan diri. Terakhir guru belajar dan menyusun publikasi ilmiah berbentuk gagasan ilmiah dari proposal. Hasil yang sudah disusun telah dipresentasikan oleh guru sebagai evaluasi diri. Program ini memberikan dampak kemampuan guru untuk mampu merancang proposal penelitian tindakan bimbingan dan konseling dan aplikasi di sekolah.

PELAKSANAAN TEKNIK LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENGATASI PERILAKU BULLYING DI SMP WILAYAH KULON PROGO

(10/07/2019) Pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan prodi BK FKIP UAD di SMP Wilayah Kulon Progo yang digerakkan oleh Hardi Prasetiawan, M.Pd., Amien Wahyudi, M.Pd. dan Dra. Erni Hestiningrum, M.A. Proses pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan sebanyak delapan sesi yang tujuannya adalah untuk membekali dan membangun keterampilan guru BK dalam mengembangkan dan melaksanakan layanan dasar maupun responsif untuk mencegah perilaku bullying pada siswa.

Dalam kegiatan ini, Guru BK dilatih untuk mempersiapkan suatu bentuk layanan bimbingan dan konseling yang kekinian menggunakan Media BK dan pendekatan dalam konseling. Evaluasi hasil yang didapatkan adalah para siswa mampu untuk mencegah tindakan bullying dilakukan di lingkungan sekolah juga di luar sekolah. Teknik yang digunakan untuk Layanan Bimbingan dan Konseling menjadi suatu penggerak Guru BK dengan siswa untuk memiliki kesadaran bersama untuk mencegah bullying.

PELATIHAN POP BK BERSAMA MGBK KAB.SLEMAN

Prodi Studi Bimbingan dan Konseling ,Rabu (31/06/2019) mengadakan Pelatihan dengan Tema “Peningkatan Keterampilan Dalam Megambangkan AdministrasiSesuai Panduan Operasional Penyelanggara Bimbingan dan Konseling (POP BK) Bagi Guru Bimbingan dan Konseling Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kabupaten Sleman” berjalan dengan lancar. Yang menjadi Nara sumber dalam kegiatan ini yaitu Caraka Putra Bhakti, M.Pd., Dr. Sri Hartini, M.Pd. dan Dra. Dwi Putranti, M,Pd.

Di Awal acara Caraka Putra Bhakti, M.Pd.memberikan penguatan berupa motivasi kepada Guru Bimbingan dan Konseling, dilanjutkan materi mengenai Administrasi Sesuai Panduan Operasional Penyelenggaraan (POP BK).

DOSEN PRODI BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PERKUAT IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEDAMAIAN DI SMK MUHAMMADIYAH BERBAH SLEMAN

Senin, 8 Juli 2019 tim dosen program studi Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan melakukan workshop dan akan diteruskan dengan pendampingan terhadap SMK Muhammadiyah Berbah Sleman dalam mengimplementasikan pendidikan kedamaian. Workshop yang dimotori oleh Dr. Said Alhadi, M.Pd., Wahyu Nanda Eka Saputra, M.Pd., Kons., dan Mufied Fauziah, M.Pd ini memiliki tujuan untuk menjadikan SMK Muhammadiyah Berbah Sleman ini menjadi sekolah pengusung kedamaian di tingkat pendidikan formal di Indonesia, khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Aula SMK Muhammadiyah Berbah Sleman dijadikan tempat dilaksanakan kegiatan pembukaan kegiatan dan diteruskan dengan workshop dan pendampingan. Kegiatan workshop dibuka oleh Ahmad Maftuhin, S.H.I selaku Kepala SMK Muhammadiyah Berbah Sleman dan Dr. Said Alhadi, M.Pd selaku ketua tim dari program studi Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan. Peserta dalam kegiatan workshop ini diikuti oleh seluruh dewan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di SMK Muhammadiyah Berbah Sleman. Kegiatan workshop dilaksanakan selama 2 hari dan akan diteruskan dengan pendampingan secara intensif terhadap implementasi pendidikan kedamaian.

Pendidikan kedamian itu sendiri adalah sebuah upaya menciptakan perdamaian positif atau sering disebut perdamaian sejati, bukan hanya tidak ada kekerasan fisik, tetapi juga tidak adanya kesenjangan sosial, intimidasi, dan konflik sosial. Esensi dari pendidikan kedamaian adalah terciptanya pikiran damai dari peserta didik sehingga mereka mengurungkan keinginannya untuk melakukan tindakan kekerasan. Pada workshop yang dilakukan ini, tenaga pendidik dan kependidikan di SMK Muhammadiyah Berbah Sleman dilatih untuk dapat mengembangkan nilai-nilai kedamaian pada diri siswa, sehingga muncul sebuah budaya damai di sekolah. (sah)