Proud To Be Counselor
Header

Tujuan dan Sasaran Mutu

 «Tujuan»

Tujuan umum Program Bimbingan dan Konseling adalah untuk menghasilkan tenaga professional dalam bidang layanan bimbingan dan konseling, yang:

  1. Berjiwa Pancasila atas dasar keyakinan Islam
  2. Memiliki integritas kepribadian yang tinggi
  3. Terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan tentang bimbingan dan konseling.
  4. Menguasai konsep-konsep layanan bimbingan dan konseling, mampu menangani masalah-masalah yang sifatnya umum secara mandiri dan professional.

Tujuan khusus, lulusan Program Studi Bimbingan dan Konseling diarahkan agar memiliki Kemampuan untuk:

  1. Memahami pengetahuan dasar bimbingan dan konseling serta konsep pelayanan secara obyektif dan professional, sehingga dapat memahami setiap gejala perilaku manusia, baik perorangan maupun kelompok.
  2. Melaksanakan dasar-dasar penelitian dalam bidang bimbingan dan konseling.
  3. Menganalisis dan menafsirkan setiap gejala perilaku individu, mampu memilih dan mempergunakan secara tepat metode pelayanan secara profesioanal kepada individu ataupun kelompok.
  4. Mewujudkan kepekaan yang bertanggung jawab terhadap nilai, proses, dan masalah sosial, budaya, agama, politik, dan ekonomi yang berpengaruh pada tingkah laku manusia, sehingga dapat menfsirkan tingkah laku dalam kaitannya dengan kondisi masyarakat Indonesia.
  5. Memahami, menghayati, dan melaksanakan prinsip-prinsip dan kode etik yang meliputi kode etik layanan, keilmuan, penelitian, dan Profesi.
  6. Menyusun laporan penilaian, penelitian di bidang layanan bimbingan dan konseling secara ilmiah dan professional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 3 = 4

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>